• Menu

    Copyright © DokterSeo - Template Blogger Mirip Alodokter #1🇮🇩
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top Label

    7 Kebiasaan Hidup Sehat yang Sebaiknya di Malam Hari

    Kebiasaan hidup sehat bisa dilakukan kapan pun. Belajar memasak menu sehat untuk keluarga, latihan yoga untuk mengendalikan stres, hingga banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Memang, semua ini bisa dilakukan di sela-sela waktu luang Anda.

    7 Kebiasaan Hidup Sehat yang Sebaiknya di Malam Hari

    Akan tetapi, ada beberapa kebiasaan yang bisa memberikan manfaat yang maksimal kalau dilakukan saat malam hari. Apa saja itu?

    Kebiasaan hidup sehat yang lebih baik dilakukan saat malam hari


    Rachel Daniels, RD seorang pimpinan ahli gizi di Virtual Health Partners di New York, mengungkap kepada Health bahwa tidak semua kebiasaan hidup sehat akan memberikan hasil yang maksimal jika dilakukan di pagi hari. Justru, malam hari merupakan waktu terbaik untuk menerapkan pola hidup sehat.

    Ya, pasalnya tubuh memproduksi sel-sel lebih optimal di malam hari. Jika Anda melakukan pola hidup sehat di malam hari, maka hal ini dapat membantu memaksimalkan proses regenerasi sel, atau pergantian sel-sel mati dengan sel-sel baru sehingga sel tubuh Anda akan semakin sehat.

    Berbagai kebiasaan hidup sehat yang lebih baik dilakukan saat malam hari adalah:

    1. Mencuci muka dan mandi


    Setelah seharian beraktivitas, yang ada di pikiran Anda mungkin hanyalah kasur dan tidur nyenyak. Jangankan untuk mandi, cuci muka pun rasanya malas, bukan? Toh besok pagi Anda juga akan mencuci muka dan mandi sebelum pergi ke sekolah, kantor, atau beraktivitas.

    Eits, tunggu dulu. Ketimbang mencuci muka dan mandi di pagi hari, Anda justru dianjurkan untuk melakukannya di malam hari, lho.

    Selain menghemat waktu di pagi hari, mencuci muka dan mandi di malam hari akan membuat tubuh Anda jauh lebih bersih dan sehat. Pasalnya, seluruh kuman, debu, dan alergen lainnya yang menempel di rambut dan kulit Anda akan terbilas hingga bersih dengan mandi di malam hari.

    Rutin mencuci muka di malam hari juga dapat memaksimalkan proses peremajaan kulit secara alami. Alhasil, kulit dan wajah Anda akan terbebas dari bakteri penyebab jerawat dan membuat Anda tampak awet muda.

    2. Menyisir rambut


    7 Kebiasaan Hidup Sehat yang Sebaiknya di Malam Hari

    Rambut kusut adalah salah satu masalah yang sering dialami saat bangun tidur. Itulah sebabnya, Anda dianjurkan untuk menyisir rambut sebelum tidur di malam hari.

    Meluangkan beberapa menit untuk menyisir rambut sebelum tidur dapat membantu mencegah rambut kusut saat bangun tidur. Dengan begitu, rambut Anda akan lebih mudah diatur, lebih sedikit rambut rusak, dan menghemat waktu untuk merapikan rambut di pagi hari sebelum mulai beraktivitas.

    3. Pakai body lotion


    Kebanyakan orang lebih rajin pakai body lotion di pagi hari untuk menjaga kulitnya dari paparan sinar matahari. Namun, mengapa tidak Anda coba tukar kebiasaan hidup sehat ini dengan melakukannya di malam hari?

    Body lotion atau tabir surya mengandung retinoid yang dapat mendorong pembentukan kolagen pada kulit. Hal ini dapat membuat kulit menjadi kenyal, lembap, dan sehat jika digunakan secara rutin.

    Namun sayangnya, kandungan retinoid ini bisa rusak jika terkena sinar UV matahari. Maka itu, sebaiknya gunakan body lotion atau krim topikal lainnya yang mengandung retinoid saat malam hari. Jadi, kulit Anda dapat menyerap manfaat retinoid secara maksimal tanpa membuangnya sia-sia.

    4. Makan yogurt


    Menurut Irina Zhdanova, MD, PhD, seorang ahli tidur dan CEO ClockCoach, makan yogurt sebelum tidur dapat membantu melancarkan sistem pencernaan sekaligus menjaga kekebalan tubuh Anda di sepanjang malam. Selain itu, kandungan protein pada yogurt dapat mengoptimalkan perbaikan otot tubuh yang rusak setelah seharian beraktivitas.

    5. Gunakan obat kumur


    7 Kebiasaan Hidup Sehat yang Sebaiknya di Malam Hari

    Selain menyikat gigi, berkumur dengan obat kumur mungkin ikut jadi bagian dari kebiasaan hidup sehat Anda sehari-hari. Jika selama ini Anda lebih sering melakukannya di pagi hari, yuk tukar waktunya di malam hari.

    Berkumur dengan obat kumur di pagi hari justru bisa membuat mulut jadi kering. Pasalnya, mulut menghasilkan air liur yang lebih sedikit saat malam hari, sementara obat kumur berfungsi untuk menetralkan air liur yang menyebabkan mulut Anda terasa asam.

    Karena hanya ada sedikit air liur yang akan dinetralkan, obat kumur justru dapat mengikis lapisan gigi dan gusi Anda. Beda dengan saat Anda menggunakan obat kumur di malam hari, jumlah air liur masih tergolong banyak karena efek makanan yang Anda konsumsi seharian.

    Alih-alih menyehatkan gigi dan mulut, pakai obat kumur di pagi hari justru bisa memicu radang gusi dan gigi berlubang.

    6. Olahraga


    Sebetulnya, olahraga pagi maupun olahraga malam sama-sama baik untuk kesehatan. Namun nyatanya, olahraga malam memberikan manfaat berlebih untuk kesehatan tubuh, dibandingkan olahraga pagi.

    Saat Anda tidur, pernapasan Anda cenderung lebih pendek. Ini artinya, jumlah oksigen yang Anda hirup pun jadi lebih sedikit.

    Nah, Anda bisa mendapatkan pasokan oksigen yang lebih banyak kalau Anda rutin berolahraga di malam hari. Luangkan waktu Anda sekitar 15 sampai 20 menit untuk melakukan olahraga ringan sebelum tidur, misalnya dengan jalan kaki atau latihan pernapasan. Hal ini dapat membantu mengalirkan oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat.

    7. Pakai deodoran


    Pakai deodoran di pagi hari memang bisa membantu menyamarkan bau badan di tengah padatnya aktivitas. Akan tetapi, ini bukan berarti jadi sia-sia kalau Anda melakukannya di malam hari, lho.

    Menggunakan deodoran sebelum tidur justru lebih efektif mengendalikan keringat, daripada jika digunakan di siang hari. Ini karena kandungan dalam deodoran dapat masuk ke kulit dengan lebih mudah dan melindungi tubuh dari keringat berlebih dengan lebih maksimal.

    Sebetulnya, sah-sah saja kalau Anda ingin melakukan kebiasaan hidup sehat ini di pagi hari. Namun, kalau Anda ingin meraup manfaatnya dengan lebih maksimal, yuk ubah kebiasaan hidup sehat ini dengan melakukannya di malam hari.
    #Hidup Sehat#Pola Sehat
    RullyNovriyandi 25 November 2019 Last Updated 2019-11-24T21:30:31Z
    Komentar

    Tampilkan