• Menu

    Copyright © DokterSeo - Template Blogger Mirip Alodokter #1🇮🇩
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top Label

    Yuk, Luangkan Waktu Semenit untuk 6 Kebiasaan Sehat Ini

    Kadang, saking sibuknya beraktivitas seharian, bikin Anda lupa dengan hal-hal kecil yang sebenarnya penting bagi kesehatan. Misalnya, olahraga atau kebiasaan hidup sehat lainnya.

    Tentu hal ini membuat Anda rentan terkena penyakit, dari penyakit infeksi bahkan kronis.

    Yuk, Luangkan Waktu Semenit untuk 6 Kebiasaan Sehat Ini

    Sebenarnya tak sulit kok untuk melakukan kebiasaan hidup sehat. Ada beberapa kebiasaan yang bisa Anda lakukan hanya 60 detik dan tak mengganggu aktivitas Anda yang padat. Apa saja?

    6 kebiasaan hidup sehat yang hanya butuh semenit saja


    1. Berdiri dari duduk yang panjang


    Bekerja di depan komputer seharian tak hanya melelahkan mata, akan tetapi dapat meningkatkan risiko kemunculan penyakit lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang duduk lebih lama di tempat kerjanya cenderung mengalami tekanan psikologis.

    Tak hanya itu, American Cancer Society menemukan fakta bahwa wanita yang duduk enam jam sehari memiliki tingkat kematian 34 persen lebih tinggi daripada mereka yang duduk selama tiga jam. Sedangkan pria yang duduk selama enam jam memiliki tingkat kematian sebanyak 17 persen lebih tinggi dibandingkan dengan pria yang hanya duduk selama tiga jam.

    Oleh karena itu, luangkan waktu satu menit saja untuk bangun dan berjalan jalan di sekitar meja Anda dan lakukan peregangan ringan untuk kesehatan tubuh yang lebih baik.

    2. Pakai dental floss


    Pernahkah Anda mendengar kalimat bahwa sikat gigi saja tidak cukup? Ya, sikat gigi tidak dapat menjangkau kotoran yang menempel di sela-sela gigi yang bisa menjadi penyebab terbentuknya plak dan karang gigi.

    Kebiasaan hidup sehat yang baik untuk membuat gigi dan mulut tetap bersih adalah dengan menggunakan dental floss. Penggunaan dental floss tidak membutuhkan waktu lama. Luangkan waktu 60 detik untuk mengambil dental floss dan mulai bersihkan gigi Anda demi kesehatan gigi dan mulut yang lebih baik.

    3. Menarik napas dalam-dalam


    Sheenie Ambardar, MD, seorang pskiatri di Beverly Hills mengatakan bahwa kebiasaan hidup sehat yang paling mudah dan murah ialah dengan menarik napas dalam-dalam secara perlahan. Kegiatan ini bisa mengurangi kecepatan detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengirimkan sinyal ke tubuh untuk bisa lebih rileks.

    Cara melakukannya cukup mudah yakni dengan cara ambil napas dari hidung, tahan dan hitung sampai tiga, kemudian hembuskan melalui mulut. Ulangi aktivitas ini sebanyak lima kali dan Anda akan merasa jauh lebih rileks dan tenang dibanding sebelumnya.

    4. Melakukan plank


    Plank adalah gerakan olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan bahkan dalam waktu kurang dari satu menit. Jenis olahraga ini membantu menguatkan otot perut dan punggung sehingga membantu Anda untuk terhindar dari cedera.

    Plank dilakukan dengan posisi seperti push up dengan meletakkan beban tubuh di kedua lengan, siku, dan kaki. Lengan diletakkan di bawah bahu dengan seluruh tubuh berada dalam satu garis lurus, tidak melengkung. Cobalah untuk memulai hari dengan melakukan plank selama 20 detik di awal latihan dan menambah waktunya di hari berikutnya.

    5. Cuci tangan dengan sabun


    Mencuci tangan merupakan kebiasaan sehat yang perlu diterapkan setiap harinya sebelum Anda makan. Meluangkan waktu kurang dari 60 detik (20 detik) untuk mencuci tangan tidak akan membuat waktu makanmu terbuang.

    Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, mencuci tangan dapat menurunkan risiko seseorang untuk terkena diare hingga 31 persen serta menurunkan risiko flu dan penyakit pernapasan lainnya sebesar 21 persen.

    Cuci tangan dengan benar dengan cara membasahi tangan dengan air bersih yang mengalir. Selain itu, gunakan sabun dan bersihkan tangan hingga ke sela-sela jari dan kuku sebelum dibilas kembali di bawah air mengalir.

    6. Biasakan pakai tabir surya


    Malas menggunakan tabir surya mungkin dialami oleh banyak orang, termasuk Anda. Namun, sadarkah Anda bahwa meninggalkan kebiasaan ini bisa bikin kulit jadi rusak? Bahkan tak membiasakan diri untuk menggunakan tabir surya bisa bikin Anda berisiko kanker kulit.

    Oleh karena itu, mulai sekarang luangkan satu menit dari waktu berharga Anda untuk memberikan perlindungan lebih pada kulit Anda yang akan terpapar sinar matahari langsung.

    Usahakan untuk melakukan kebiasaan hidup sehat ini setiap hari agar kesehatan Anda tetap terjaga di tengah padatnya aktivitas. Jangan pernah menyepelekan kesehatan jika Anda ingin memiliki kualitas hidup yang jauh lebih baik.
    #Hidup Sehat#Sehat Simpel
    rullynovriyandi 25 November 2019 Last Updated 2019-11-24T21:29:39Z
    Komentar

    Tampilkan